Kegiatan berjudul “Rancang Bangun Akuaponik” diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 8 dengan dimotori fasilitator berjumlah 9 orang guru yang dalam kesehariannya ikut mengampu mata pelajaran kelas 8
Bermula dari hari Kamis 28 November 2024, peserta didik kelas 8
mengikuti projek bertemakan “Rekayasa dan Teknologi” . Sekolah berharap peserta
didik akan dapat mengembangkan berbagai karakter positif melalui kegiatan ini.
Karakter yang dapat dikembangkan diantaranya adalah beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif serta
bergotong royong.
Kegiatan berjudul “Rancang Bangun Akuaponik” diikuti oleh seluruh
peserta didik kelas 8 dengan dimotori fasilitator berjumlah 9 orang guru yang
dalam kesehariannya ikut mengampu mata pelajaran kelas 8. Peserta didik
mengamati, mengidentifikasi masalah dan mencari solusi dari masalah semakin
sempitnya lahan pertanian dan perikanan dalam kegiatan ini secara aktif. Selain
itu, kegiatan ini juga memotivasi peserta didik untuk senantiasa menjaga alam
sekitar dan meningkatkan dimensi berpikir kreatif mereka melalui aktivitas
merancang atau mendesain akuaponik yang tepat dengan memanfaatkan barang bekas.
Tahapan yang jelas diperlukan untuk dapat mengembangkan projek agar
lebih efisien. Kegiatan ini diawali dengan tahap pengenalan, kontekstualisasi
dan berlanjut kepada tahap aksi serta refleksi dan tindak lanjut. Setiap
tahapan tersebut telah direncanakan dan disusun dalam sebuah modul yang disusun
bersama oleh tim projek dengan alur yang jelas, meskipun dalam pelaksanaannya
terjadi berbagai penyesuaian jadwal maupun alur kegiatan secara kondisional.
Pada tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenal konsep
rekayasa dan teknologi ramah lingkungan, berdiskusi tentang permasalahan lingkungan dan ketahanan
pangan yang ditemukan di sekitar mereka dan berupaya mencari solusinya dan melakukan
penelusuran informasi tentang akuakultur, hidroponik dan akuaponik.
Tahap kontekstualisasi diikuti
peserta didik dengan mengevaluasi purwarupa akuaponik yang ada di lingkungan
sekitar mereka atau melalui artikel/ video dan mengusulkan gagasannya tentang
rancangan akuaponik yang efektif dan efisien. Adapun pada tahap aksi, peserta
didik merancang dan merencanakan aksi nyata (mendesain purwarupa akuaponik),
membuat QRCode dan membuat video kegiatan serta membuat laporan seluruh
kegiatan yang diikuti dalam projek berbentuk Google Sites.
Langkah refleksi menjadi kegiatan
mutlak yang harus ada dalam setiap kegiatan. Refleksi ini membantu mengevaluasi
kegiatan dan sebagai dasar melakukan tindak lanjut untuk perbaikan. Dalam hal
ini, peserta didik diarahkan untuk mengisi refleksi dalam link Google Form.
Setiap kelompok dapat memberikan reaksi dan masukan yang berbeda pada tiap
kelasnya dan setiap harinya. Sebagai penutup, kegiatan projek ini diakhiri
dengan melakukan pawai bersama yang mengusung tema” Save The Earth”. Seluruh
tahapan dalam projek ini, tak lain bertujuan agar karakter positif peserta
didik dapat berkembang selaras dengan kodrat alam dan zaman mereka.
Ainun
Jariyah, S.PdI., M.Pd.